BERBAGI

SEMARANG, Warta Nasional – Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menekankan pentingnya kesehatan bagi perempuan, di Pasar Damar, Semarang.

Mbak Ita, sapaan akrabnya mengatakan perempuan adalah penggerak keluarga yang perlu terus menjaga kesehatannya.

“Kalau ibu-ibu sehat, keluarganya bisa terjaga kesehatannya, misal saja sakit, banyak pekerjaan rumah bisa terhambat,” katanya.

Ia juga mengungkap program yang sudah disiapkan oleh Presiden Joko Widodo untuk mendukung kesehatan perempuan dan anak, salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH).

“PKH ini bantuan sosial untuk pendidikan anak sekolah, bisa untuk tambahan usaha, yang terutama adalah untuk kesehatan dan tambahan gizi anak. Selain itu, kita juga punya Kartu Indonesia Sehat (KIS),” ujarnya.

Menurut dia, dengan terjaganya kesehatan perempuan dan keluarga, ibu rumah tangga dapat menghindari pengeluaran biaya yang tidak perlu sehingga bisa lebih hemat dalam mengatur keuangan keluarga.

“Intinya, ada beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan sosial dan kesehatan bagi masyarakat, terutama untuk kaum perempuan,” katanya.

Mbak Ita juga berpesan kepada Lina selaku pengelola Klinik Sehat bareng yuk (SBY) agar turut menyosialisasikan pentingnya kesehatan dan kebugaran bagi perempuan. (Ant/WN)