BERBAGI
ilustrasi

JAKARTA, Warta Nasional – Aplikasi berkirim pesan WhatsApp terkena imbas gangguan Facebook dan Instagram yang telah terjadi pada Kamis dini hari.

Beberapa pengguna layanan berbagi pesan instan itu tidak dapat mengirimkan foto. Sedangkan layanan untuk mengunduh foto dan mengirim pesan masih berfungsi sebagaimana biasanya.

Para pengguna Jejaring media sosial Facebook dan Instagram mengeluh tidak dapat melihat unggahan terbaru karena tidak bisa memperbarui (refresh) laman utama, ataupun melihat komentar secara langsung dalam unggahan terbaru.

Mereka ramai-ramai mengeluh pada jejaring sosial Twitter hingga tanda pagar #instagramdown populer pada Kamis. Begitupula persoalan layanan pada Facebook dengan unggahan tanda pagar #FacebookDown.

Peristiwa ini bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan secara global. Situs Down Detector menampilkan peta kerusakan Facebook terjadi antara lain di Amerika Serikat, Meksiko, Peru, Australia dan Jepang.

Instagram melalui akun Twitter resmi mereka menyatakan sedang memeriksa gangguan itu.

“Kami mengetahui masalah yang menimpa akses ke Instagram saat ini. Kami tahu ini membuat frustasi, dan tim kami sedang bekerja keras memperbaikinya segera,” demikan akun @Instagram.

Sementara akun Twitter resmi milik Facebook, membantah gangguan ini disebabkan oleh serangan DDoS. Tapi, mereka belum menyatakan kabar terbaru mengenai kerusakan itu.

“Kami fokus menyelesaikan masalah itu sesegera mungkin. Kami bisa mengonfirmasi masalah itu tidak berhubungan dengan serangan DDoS,” demikian laporan Facebook dalam Twitter. (Ant/WN)