BERBAGI

Jakarta, Warta Nasional – Produsen chip grafis NVIDIA akan mengakuisisi perusahaan solusi jaringan Mellanox dengan nilai transaksi 6,9 miliar dolar AS atau sekira Rp98,2 triliun.

Itu berarti, NVIDIA akan mengambil alih semua saham biasa yang beredar dan diterbitkan Mellanox dengan harga 125 dolar atau sekitar Rp1,7 juta per saham.

Transaksi tersebut diharapkan akan menambah margin kotor dan arus kas NVIDIA ke depan, akuisisi itu akan menyatukan dua perusahaan terkemuka dunia dalam komputasi kinerja tinggi (HPC).

Bersama-sama, platform komputasi NVIDIA dan interkoneksi Mellanox menguasai lebih dari 250 super komputer TOP500 dunia dan memiliki pelanggan penyedia layanan cloud dan pembuat komputer.

“Munculnya AI dan ilmu data, serta miliaran pengguna komputer secara bersamaan, memicu permintaan yang meroket di pusat data dunia,” kata pendiri dan CEO NVDIA Jensen Huang dalam pernyataan resmi, dikutip Senin (18/03/2019).

Sebagai inovator awal dalam teknologi interkoneksi berkinerja tinggi, Mellanox memelopori teknologi interkoneksi InfiniBand, yang bersama dengan produk-produk Ethernet berkecepatan tinggi sekarang digunakan di lebih dari setengah super komputer tercepat di dunia dan di banyak pusat data hyperscale terkemuka.

Dengan Mellanox, NVIDIA akan mengoptimalkan beban kerja skala pusat data di seluruh komputasi, jaringan, dan tumpukan penyimpanan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi, pemanfaatan yang lebih besar, dan biaya pengoperasian yang lebih rendah bagi pelanggan.

Bersama Mellanox, NVIDIA menyediakan solusi komputasi pusat data skala tinggi generasi mendatang. (Ant/WN)