BERBAGI

Jakarta, Warta Nasional – Membeli perangkat elektronik seperti ponsel pintar sangat dipermudah dengan adanya situs dagang elektronik atau e-commerce di Indonesia.

Terlebih lagi, e-commerce sering mengadakan diskon kilat alias flash sale sehingga konsumen bisa mendapatkan gawai terbaru dengan harga yang lebih murah.

Sayangnya, masih banyak konsumen yang ragu untuk membeli gawai secara daring meski praktis. Alasannya, mereka khawatir tertipu atau barang tidak asli, Berikut beberapa tips agar tidak tertipu saat belanja gawai online.

Periksa status toko
Platform belanja online biasanya menyediakan profil toko yang dapat diakses langsung oleh pengguna, informasi yang diberikan antara lain lokasi toko dan aktivitas transaksi.

Cek aktivitas transaksi toko tersebut, semakin banyak transaksi yang berhasil, semakin tinggi tingkat kepercayaan terhadap toko tersebut.

Lihat ulasan produk
Sebelum memilih gawai, konsumen bisa melihat ulasan tentang produk-produk tersebut agar mendapat gambaran tentang gawai yang ingin dibeli. Ulasan ini bisa dilihat di media sosial atau cek langsung di akun-akun pengulas gawai.

Cek toko sebelah
Salah satu keuntungan belanja online adalah konsumen bisa langsung melihat rincian produk yang ditawarkan tentang barang, termasuk pilihan yang ada, diskon hingga cara pembayaran.

Cermati deskripsi produk yang ingin dibeli, bandingkan dengan beberapa produk di toko online lain. Jika menemukan produk yang dijual di bawah harga pasaran, pastikan mengenai orisinalitas produk dan garansi yang ditawarkan.

Pilih pembayaran yang aman
Konsumen sebaiknya memperhatikan apakah platform belanja online tersebut menyediakan metode pembayaran yang terpercaya.

Biasanya e-commerce menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, bayar di tempat atau Cash on Delivery (COD) dan dompet digital.

E-commerce juga sering bekerja sama dengan gerai minimarket sehingga konsumen yang tidak memiliki akun bank bisa membayar lewat gerai terdekat. (Ant/WN)