BERBAGI
kantor kpu solo

Solo, Warta Nasional – Ribuan dus berisi surat suara khusus calon anggota legislatif DPR RI, DRPD Provinsi, dan kota tiba dan diterima oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta, di Solo, Rabu (27/03/2019).

Sebuah truk boks dengan membawa ribuan dus berisi surat suara anggota legislatif untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota yang tiba di Kantor KPU Surakarta, sekitar pukul 07.30 WIB sehingga kekurangan surat suara untuk caleg yang ditunggu-tunggu selama ini, sudah terpenuhi semuanya.

Surat suara untuk caleg DPR RI, DPRD Provisi, dan kota setibanya di Kantor KPU Surakarta diterima oleh Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum dan Logistik (KUL), disaksikan oleh perwakilan dari Bawaslu dan aparat kepolisian setempat.

Menurut Koordinator Divisi Bidang Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Surakarta, Kajad Pamuji Joko Waskito, kedatangan surat suara untuk anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan kota untuk Solo sekitar pukul 07.30 WIB, sedangkan berangkatnya dari perusahaan percetakan di Sentul Bogor, sekitar pukul 02.00 WIB.

“Dengan tibanya surat suara DPR RI, DPRD provinsi dan kota ini, maka seluruh surat suara untuk Pemilu 2019 sudah diterima, dan sekarang tinggal dilakukan sortir dan pelipatan,” kata Kajad.

Namun, kata dia, surat suara yang datang langsung disimpan dalam gudang KPU Surakarta. Surat suara anggota DPR RI jumlahnya ada 861 dos, sedangkan setiap dus ada sebanyak 500 lembar.

“Jumlah surat suara yang tiba ada 430.439 lembar setiap untuk DPR RI, dan tinggal dikalikan tiga sekitar 1.291.317 lembar,” ujar Kajad.

Menyinggung soal kegiatan sortir dan pelipatan ada kemukinan dimulai Kamis (28/3/2019), dan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 7 hari untuk menyelesaikan itu.

“Setelah sortir dan pelipatan surat suara selesai tujuh hari ke depan baru dilakukan pengesetan yang jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Solo. yakni 1.734 titik.

KPU Kota Surakarta sebelumnya melaksanakan sortir dan pelipatan surat suara khusus anggota Legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk persiapan Pemilu 2019 di Kantor KPU Surakarta, Senin (25/03/2019).

Menurut Nurul sorti dan pelipatan surata suara anggota DPD dan Caleg lainnya dapat diselesaikan hingga tujuh atau 10 hari ke depan. KPU melibatkan sebanyak 246 tenaga kerja untuk melakukan sortir dan pelipatan surat suara Legislatif.

Kegiatan sortir dan pelipatan surat suara DPD selain dilakukan di gudang KPU Surakarta, juga di empat lokasi gudang yang ditunjuk KPU, yakni Gedung SDN Baturono di Kecamatan (Pasar Kliwo), Aula kantor Kelurahan Serengan (Serengan), Gedung Serba Guna Kalurahan Karangasem (Laweyan), dan Kantor STP (Jebres).  (Ant/WN)