BERBAGI
ilustrasi

JAKARTA, Warta Nasional – Dari unggahan informasi melalui media sosial tersebar informasi tentang tiga centang saat pesan dalam platform Whatsapp.  Jika masyarakat menemukan ada tiga centang dalam pesan mereka di aplikasi itu, menurut informasi tersebut, maka pesan itu sedang diamati oleh agen pemerintah.

Juga diinformasikan bila tanda centang ketiga berwarna merah, maka pemerintah dapat mengambil tindakan yang diperlukan kepada penerima pesan tersebut.

Klaim    : Pesan masyarakat melalui platform WhatsApp bisa diamati agen pemerintah ditandai dengan adanya tiga centang dalam pesan yang diterima dengan menggunakan aplikasi tersebut.
Rating  : Salah/Misinformasi

Penjelasan :
Dari penelusuran subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatikan, pengelola Whatsapp dalam akun resmi mereka menjelaskan bahwa proses pengiriman pesan hingga penerimaan pesan hanya memiliki dua centang.  Centang pertama belum berwarna biru, menandakan pesan berhasil terkirim, centang dua belum berwarna biru menandakan pesan telah sampai ke penerima  dan dua centang berubah warna biru menandakan pesan telah dibaca oleh penerima.

Sehingga dengan demikian hanya ada dua centang dalam setiap operasional pengiriman pesan melalui platform tersebut. (Ant/WN)