BERBAGI
Kapolda DIY, Birgjen Pol Ahmad Dofiri. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, Warta Nasional – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menerjunkan sebanyak 6.688 personel untuk mengamankan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April 2019.

“Semua sudah siap dan hari ini kita lakukan pergeseran pasukan supaya mereka mem-backup seluruh polres serta TPS-TPS untuk menjamin pelaksanaan pemungutan suara 17 April berjalan lancar,” kata Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) Irjen Pol Ahmad Dofiri, Senin (15/04/2019).

Menurut Dhofiri, selain 6.688 personel polisi, Polda DIY juga mendapat bantuan BKO (Bantuan Kendali Operasi) dari sebanyak 1.600 personel TNI dari Kodam IV Diponegoro, ditambah sebanyak 30.203 personel dari Linmas.

Seluruh personel gabungan itu, kata dia, nantinya akan diplot untuk mengamankan sebanyak 11.780 TPS yang tersebar di lima kabupaten/kota di DIY. Untuk BKO dari TNI, menurut dia, akan disebar di Kodim jajaran Korem 072/Pamungkas.

“Dengan jumlah petugas keamanan baik dari Polri, TNI, maupun Linmas diharapkan dapat menjamin keamanan pemilu yang akan dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil,” kata Dhofiri.

Selain tetap menjaga netralitas, ia berharap seluruh personel dapat melakukan upaya deteksi dini terhadap perkembangan situasi di lapangan.

“Kuasai lingkungan sekitar TPS dan komunikasikan KPPS beserta petugas lainnya,” pungkasnya. (Ant/WN)