BERBAGI
Ajax FC/Istimewa

JAKARTA, Warta Nasional – Ajax membawa pulang tiga poin dari markas FC Groningen setelah mengalahkan tuan rumah 1-0 dalam laga pekan ke-31 Liga Belanda di Stadion Hitachi Capital Mobility, Groningen, Belanda, Minggu (21/4) dini hari WIB.

Penyerang gaek Ajax, Klaas-Jan Huntelaar, seolah menjadi sorotan utama pertandingan karena ia masuk menjadi pemain pengganti dan mencetak gol kemenangan sebelum diusir dari lapangan karena menerima kartu muning kedua, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu memantapkan posisi Ajax di puncak klasemen dengan torehan 77 poin, unggul tiga poin atas PSV Eindhoven (74) yang berada di posisi kedua, sedangkan Groningen (42) tertahan di urutan kesembilan.

Matthijs de Ligt hampir membawa Ajax unggul saat laga baru berjalan tujuh menit, namun tandukannya atas tendangan bebas Lasse Schoene membentur tiang gawang.

Ketika gol yang diharapkan tak kunjung tercipta, Erik ten Hag memutuskan untuk menurunkan Huntelaar menggantikan Schoene pada menit ke-59.

Strategi itu terbukti manjur ketika Huntelaar sukses memecahkan kebuntuan pada menit ke-78 lewat tembakan kaki kanan.

Huntelaar melakukan perayaan dan diganjar kartu kuning oleh wasit Dennis Higler.

Lima menit setelahnya ia melakukan pelanggaran keras terhadap Samir Memisevic yang tak memberikan pilihan lain untuk Higler selain mengeluarkan kartu kuning kedua sekaligus mengusir Huntelaar.

Beruntung bagi Ajax meski dalam keadaan timpang jumlah pemain, mereka mampu mempertahankan keunggulan itu hingga laga usai. (Ant)