Dinsos Magelang, Ajak Siswa SMP menanamkan Nilai Setiakawan dengan Ziarah Ke Makam Pahlawan Giri Dhormo Loyo. (Foto: Ist)

MAGELANG, Warta Nasional – Dinas Sosial Kota Magelang, Jawa Tengah,  menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial kepada para siswa perwakilan berbagai SMP di daerah itu melalui kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharmo Loyo.

“Selain melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan, yang penting juga melalui kegiatan itu para siswa bisa memahami tentang pentingnya keperintisan dan nilai kesetiakawanan sosial,” kata Kepala Dinsos Kota Magelang Hardi Siswantono, Selasa (30/04/2019).

Sekitar 50 siswa perwakilan berbagai SMP se-Kota Magelang mengikuti ziarah ke TMP Giri Dharmo Loyo Kota Magelang pada Senin (29/4) itu, sebagai bagian dari agenda tahunan yang mendapatkan fasilitasi dari Dinsos Provinsi Jawa Tengah.

Semangat cinta tanah air dan rela berkorban, percaya kepada kemandirian dan kekuatan bangsa, negara, serta budaya Indonesia, ujar dia, menjadi kebutuhan penting yang harus sudah ditanamkan kepada generasi muda sebagai bekal mereka menghadapi tantangan kehidupan bersama pada masa mendatang.

Dalam rangkaian kegiatan itu, para siswa juga mengikuti sarasehan desiminasi, KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) terkait dengan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

Sarasehan disampaikan, antara lain oleh anggota Kodim 0705/Magelang Serma M. Asofari dengan materi tata ziarah dan tabur bunga di TMP, penyuluh sosial muda Dinsos Kota Magelang Dwi Ambar Pratiknyo dengan materi tentang pentingnya pengenalan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial bagi generasi muda.

Selain itu, pekerja sosial Meria Ulfah Sucihati dengan materi tentang implementasi nilai kesetiakawanan sosial dalam pelayanan panti lanjut usia.

Setelah sarasehan, para siswa juga diajak mengunjungi Museum Taruna Abdul Djalil di Kompleks Akademi Militer di Kota Magelang dan Museum Diponegoro di gedung eks-Keresidenan Kedu di Kota Magelang. Dalam kunjungan tersebut mereka dipandu Kasi Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Magelang Endras Riskiarto.

“Diharapkan melalui kegiatan itu, generasi milenial menyerap nilai-nilai luhur kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial, untuk memperkuat nilai-nilai cinta tanah air dan nilai-nilai luhur budaya bangsa,” pungkasnya. (Ant/WN)