BERBAGI

SEMARANG, Warta Nasional – Calon legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra Kota Semarang Abdul Madjid, melapor ke Bawaslu setempat atas dugaan penggelembungan suara dalam input data salinan DA-1 ke KPU Kota Semarang.

Caleg Partai Gerinda tersebut melaporkan lantaran merasa dirugikan atas perubahan perolehan suara partai dan antar caleg.

“Kami sudah membawa bukti laporan ke Bawaslu dan bukti penggelembungan suara dimana saja,” katanya, saat ditemui di Balaikota Semarang kepada awak media termasuk Wartanasional.com, Jumat (03/05/2019).

Menurutnya, berdasarkan proses penghitungan suara, rekap lembar C1 ditingkat TPS, sampai ke tingkat Kecamatan di DA-1nya sudah benar.

“Sampai masuk ke kecamatan, plano DA-1 nya sudah benar, tapi berubah dan terjadi kesalahan pada input salinan DA-1 yang nantinya akan diserahkan ke KPU,” ujarnya.

Abdul Madjid menghitung, lebih dari 2.000 suara baik milik Caleg maupun Partai gerindra berpindah ke nomor urut tujuh.

Ia menunjukan salah satu bukti pada lembar DA-1 dengan salinan DA-1 di Kecamatan Semarang Selatan, dimana suara Partai Gerindra di DA-1 sebanyak 1.119 namun saat peng-inputan salinan DA-1 berubah menjadi 212.

“Karena mencapai 2000 an suara yang berpindah, kalau human error harusnya tujuh caleg salah semua,” tegasnya.

Ia berharap kepada para peserta dan penyelenggara Pemilu agar tidak bermain-main pada situng suara KPU.

“Sudah kelihatan dari tiga bukti yang kami bawa, menyatakan dari hasil rapat pleno kecamatan itu benar sesuai, tapi sampai penginputan (ke KPU) kok (Salinan DA-1) berubah, itu pasti ada yang bermain,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini dikonfirmasi terkait hal ini mengaku masih melakukan proses investigasi.

“Sampai saat ini kami proses investigasi di lapangan, kronologisnya seperti apa. baru tahapan nanti ada rapat gakkumdu memutuskan ini masuk nggak laporannya formil maupun materiilnya. Kalau memang memenuhi unsur baru kita lakukan proses selanjutnya,” pungkasnya. (WN-009)

Editor : Astrid Novia