BERBAGI
Foto: Istimewa

Semarang, Warta Nasional – Makan makanan buah itu sangat penting, apalagi buah satu ini, Salak. Kamu perlu tau nih Salah bisa bikin daya ingatmu meningkat lo guys. Berikut adalah 4 manfaat buah salak

1. Membantu meningkatkan daya ingat

Selain terkenal dengan sebutan snake fruit, karena kulit buahnya yang bersisik seperti ular, ternyata buah salak juga mendapat sebutan ‘Memory fruit ‘ lho. Ada sebabnya lho mengapa buah salak mendapatkan sebutan ‘Memory of fruit’. Yaitu karena kandungan mineral, dan bahan aktif yang terdapat di dalam buahnya, seperti beta-karoten, pektin, dan potasium yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak, yang ternyata dapat meningkatkan kognisi dan juga daya ingat (memori). Selain itu, buah salak juga mampu menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson dan Alzheimer.

2. Menurunkan resiko degenerasi makula dan menghambat perkembangan katarak

Buah salak gak hanya dapat membantu meningkatkan daya ingat saja, namun juga baik untuk kesehatan mata, sehingga dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan perkembangan katarak. Kandungan beta-karoten yang terdapat pada daging buah salak, berperan sebagai antioksidan yang mampu untuk meningkatkan kesehatan mata, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit degenerasi makula yang biasa terjadi karena faktor usia lanjut, dan juga mampu untuk menghambat perkembangan penyakit katarak.

3. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat alami yang tinggi pada buah salak, mampu untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, meski mengandung banyak karbohidrat (gula), namun serat alami tersebut mampu melawan efek dari karbohidrat tersebut, sehingga dapat terhindar dari lonjakan gula darah. Selain itu, kandungan Pterostilbene yang terdapat pada daging buah salak, mampu untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Mencegah anemia

Buah salak juga kaya akan zat bezi, yang merupakan mineral yang sangat penting, yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat anemia, kelelahan yang cukup parah dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, konsumsilah buah salak dengan jumlah secukupnya agar dapat terhindar dari anemia, kelelahan, dan penyakit lainnya. (Ant/WN)