BERBAGI
Fernando Alonso. (Foto: Ist)

JAKARTA, Warta Nasional – Fernando Alonso mengalami kecelakaan pada hari kedua sesi latihan. Ia menabrak dinding pembatas Indianapolis Motor Speedway tiga kali sehingga mobil McLaren-nya.

Ketika dia kehilangan kendali saat berusaha menaklukkan belokan ketiga. Mobilnya menghantam dinding untuk terlempar ke luar lintasan melewati rumput guna menabrak dinding dan kemudian masuk lagi lintasan untuk menabrak kembali dinding.

“Saya kira ini cuma murni salah setir yang tidak saya duga. Saya memacu agak dekat ke kendaraan lain dan tiba-tiba di pertengahan sudut saya benar-benar kehilangan kendali pada grip depan,” kata Alonso dalam laman ESPN.

Saya sudah berusaha lepas dan menghindari dinding. Kami sudah melakukan banyak hal untuk mobil ini dan kini sudah jelas rusak berat, maka itu saya minta maaf kepada tim atas kesalahan saya.

McLaren menghabiskan sesi pertama latihan ini dengan mengatasi masalah listrik yang memaksa tim mengubah baik dinamo ampere maupun kabel listrik. Kini mobil McLaren rusak berat padahal balapan tinggal dua hari lagi sampai kualifikasi mulai 26 Mei mendatang. Ada 36 pebalap yang masuk sesi latihan untuk menjadi 33 pebalap yang boleh mengikuti balapan ini, dan Alonso menempati urutan ke-32 dalam daftar kecepatan setelah hari pertama latihan.

Kini McLaren harus memutuskan apakah akan memperbaiki mobilnya atau memakai mobil cadangan yang dibuat mitra teknisnya, Carlin.

Alonso (37), juara Formula Satu yang pensiun dari F1, sedang berusaha tampil kedua kalinya pada balapan Indy 500 untuk memenuhi ambisinya menjuarai balap mobil versi Triple Crown.

Tahun ini dia mengendarai McLaren yang kembali ke Indianapolis sejak meninggalkannya pada 1970-an. Ini adalah pemanasan sebelum sepenuhnya kembali ke IndyCar Series, tetapi tahun ini tujuan utamanya adalah mengantarkan Alonso memiliki resume Indy yang di dalamnya termasuk balapan Monako dan Le Mans. Alonso sudah berpacu di Indy pada 2017 untuk Andretti Autosport, demikian ESPN. (Ant/WN)