BERBAGI
Pebulu tangkis tunggal putra asal Malaysia Lee Chong Wei.

Jakarta, Warta Nasional – Mantan pebulu tangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei menyatakan bahwa dirinya belum pensiun, namun ia belum bisa bertanding karena karena kondisi kesehatan dan dokter juga belum mengizinkannya untuk kembali ke arena.

“Tidak, saya belum pensiun. Tapi saat ini, saya lebih fokus pada diri sendiri sebelum memikirkan bulu tangkis terlebih dulu,” kata Lee Chong Wei dikutip dari Thestar, Selasa (21/05/2019).

Ia mengatakan bahwa dokternya belum memberinya lampu hijau. “Maka saya akan menunggu.”

Pebulu tangkis Malaysia itu mengomentari tim Piala Sudirman yang menurutnya akan menjadi harapan negaranya di masa datang.

“Saya akan segera pensiun, tapi tim Piala Sudirman adalah masa depan kita, beri mereka waktu dan dukungan,” ujarnya.

Ia berpesan kepada tim untuk tidak saling menyalahkan jika sesuatu yang buruk terjadi. “Sebuah tim itu seperti keluarga, kita saling mendukung pada saat baik dan buruk. Saya harap tim ini tetap bersama apapun yang terjadi,” kata Chong Wei yang pernah menjadi kapten tim Piala Sudirman itu.

Ini kali pertama Chong Wei absen dalam Piala Sudirman sejak 2005. Peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu juga tidak lolos ke Kejuaraan Dunia tahun ini yang akan digelar di Basel, Swiss.

“Saya rindu turnamen-turnamen ini, sedih. Saya sudah bermain selama 19 tahun terakhir tapi kini saatnya bagi generasi mendatang untuk melangkah,” ucapnya.

Soal Olimpiade Tokyo 2020, ia mengatakan waktu tidak berpihak padanya, karena ia belum kembali bermain setelah didiagnosa kanker hidung pada Juli tahun lalu, sementara kualifikasi sudah berlangsung.

“Saya tahu waktunya tidak berpihak pada saya karena periode kualifikasi Olimpiade 2020 sudah dimulai – tapi saya tidak ingin memberi beban yang tidak semestinya pada tubuh saya,” tutur pebulu tangkis yang peringkatnya merosot dari ranking satu dunia menjadi 110.

“Kita lihat saja nanti perkembangannya,” pungkas Chong Wei, yang masih berharap Olimpiade 2020 Tokyo menjadi penampilan terakhirnya sebelum pensiun. (Ant/WN)