BERBAGI
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dwi Oktavia di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Selasa (21/05/2019).

Jakarta, Warta Nasional – Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan posko kesehatan di Taman Mini Indonesia Indah dan Lapangan Monumen Nasional, yang biasa menjadi tempat kumpul peserta program mudik bersama.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia di Jakarta, Selasa (21/5/2019), menjelaskan petugas pos kesehatan di tempat-tempat wisata itu akan memeriksa kondisi kesehatan sopir yang mengemudikan kendaraan untuk mudik bersama.

“Kita bekerja sama dengan penyelenggara mudik bersama dan pemeriksaan terkonsentrasi pada satu waktu,” kata Dwi.

Dwi menjelaskan Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan memeriksa kesehatan 79 pengemudi di Posko Kesehatan Taman Mini pada 29 Mei dan 357 pengemudi di Posko Kesehatan Monumen Nasional (Monas) pada 30 Mei.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan tekanan darah dan gula darah serta pemeriksaan urine untuk memastikan pengemudi tidak menggunakan narkoba.

“Penyakit yang kita monitoring yakni penyakit tidak menular seperti hipertensi dan kencing manis, kalau kita temukan pengemudi yang batuk-batuk akan dicari penyebab batuknya apa,” ujar Dwi.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan empat tim medis di Posko Kesehatan Taman Mini dan delapan tim medis di Posko Kesehatan Monas. Masing-masing tim terdiri atas satu dokter, satu analis kesehatan, dan satu administratur.

Setelah menyelesaikan pemeriksaan, tim kesehatan akan menggolongkan para pengemudi dalam tiga kelompok, yakni kelompok indikator hijau untuk pengemudi yang kondisi kesehatannya dalam rentang aman, indikator kuning untuk pengemudi yang lulus pemeriksaan namun diperhatikan, dan indikator merah untuk pengemudi yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan.

Di samping menyediakan posko kesehatan di tempat wisata, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyediakan posko kesehatan di 11 terminal seperti terminal Kalideres, Pulo Gebang, dan Kampung Rambutan serta stasiun kereta api Senen, Gambir, Manggarai, dan Jatinegara.

Sementara bagi warga yang berencana mudik dan ingin memeriksakan kesehatan, menurut Dwi, bisa memeriksakan kondisi kesehatan di Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). (Ant/WN)