BERBAGI
Foto: Ilustrasi

PURWOKERTO, Warta Nasional – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah memulai proses pendirian posko Lebaran 2019 di jalur mudik guna memberikan pelayanan bagi pemudik yang melintasi wilayah setempat.

“Posko Lebaran BPBD Banyumas berlokasi di Desa sawangan Kecamatan Kebasen, atau tepatnya di Jalan Raya Sampang Buntu di sisi Utara jalan nasional III,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Banyumas, Ariono Poerwanto di Banyumas, Selasa (28/05/2019).

Dia menjelaskan, tim BPBD Banyumas pada Senin (27/5) telah melaksanakan kegiatan pemasangan tenda di lokasi tersebut.

“Tim BPBD Banyumas telah mendirikan satu tenda pengungsi dan lima tenda keluarga yang akan dijadikan posko Lebaran,” ujarnya.

Dia mengatakan, para pemudik bisa memanfaatkan posko yang didirikan tersebut untuk beristirahat atau sekedar memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan terkait jalur-jalur yang akan dilintasi.

“Pemudik yang kelelahan akibat perjalanan jauh, bisa memanfaatkan keberadaan posko untuk istirahat agar kecelakaan di jalan akibat kelelahan pengemudi bisa diantisipasi,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, kendati pihaknya mendirikan posko Lebaran di jalur mudik, namun posko induk yang berada di Kantor BPBD Banyumas juga akan tetap siap siaga selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2019.

“Posko induk BPBD Banyumas akan selalu siaga. Kami berharap musim mudik tahun ini akan berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti,” katanya.

Dia menambahkan, BPBD Banyumas secara rutin mendirikan posko Lebaran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tahun 2018 lalu juga kami mendirikan posko Lebaran dan banyak dimanfaatkan oleh para pemudik yang melintas untuk beristirahat dan mencari informasi mengenai jalur-jalur mudik,” pungkasnya. (Ant/WN)