BERBAGI
Foto: Ilustrasi

PALEMBANG, Warta Nasional – Satuan Tugas Dinas Kesehatan Sumatera Selatan melaksanakan pemeriksaan urine bagi para pengemudi kenderaan umum yang akan melaksanakan mudik Lebaran untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka prima atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini di Palembang, mengatakan, pemeriksaan urine itu untuk mengetahui kesehatan para pengemudi, apakah mereka pengguna narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya atau tidak.

“Itu penting karena pengemudi yang menggunakan narkoba sangat berbahaya,” tegasnya, Selasa (28/05/2019).

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait melaksanakan pemeriksaan urine bagi para pengemudi yang mudik Lebaran.

Sementara mengenai pengemudi yang melakukan pemeriksaan urine sendiri untuk seluruh jenis angkutan seperti angkutan antar kota dalam provinsi.

Begitu juga pengemudi Antar Kota Antar Provinsi akan dilakukan tes urine sehingga mereka nantinya saat mengendarai mobil kondisi fisiknya tetap prima.

Yang jelas keselamatan penumpang harus diutamakan dan salah satunya pengemudi harus bebas dari narkoba.

Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi pihaknya juga mendirikan posko mudik bersama.

Dalam kesempatan itu Kadis berharap agar arus mudik dan balik lebaran 2019 berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. (Ant/WN)