BERBAGI
Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, Sabarudin Hulu. (Foto: WN)

SEMARANG, Warta Nasional – Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Menerima laporan dari masyarakat terkait maladministrasi yakni penundaan berlarut, penyimpangan prosedur dan tidak diberikannya layanan.

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan dari tahun 2018 data pelapor yang terregister sebanyak 169 orang dari 1000 orang dan di tahun 2019 pengaduan masyarakat yang diterima oleh Ombudsman RI sebanyak 76 laporan masyarakat.

“Data per 27 Mei 2019, pengaduan masyarakat yang diterima Ombudsman RI telah menerima dan memeriksa 76 laporan masyarakat, dengan tiga dugaan maladministrasi terbanyak yakni penundaan berlarut, penyimpangan prosedur, dan tidak memberikan pelayanan,” katanya, Selasa (28/05/2019).

Tahun 2019, kata dia ada lima instansi yang paling besar dilaporkan kepada Ombudsman RI Jawa Tengah.

“Lima instansi yang dilaporkan adalah instansi pemerintah/kementerian,  kepolisiaan, Badan Pertanahan Nasional, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, dan BUMN/BUMD, kelima inilah yang paling besar dilaporkan kepada ombudsman,” ujarnya.

Sabarudin menuturkan adapun lima daerah tertinggi lokasi terlapor dengan uraian terdiri dari instansi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

“Kelima Lokasi terlapor ini adalah Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo,” tuturnya.

Lanjut dia, sebagai antisipasi libur lebaran tahun 2019. Ombudsman akan melaksanakan sidak pengawasan pelayanan publik terhadap penyelenggara pelayanan publik meliputi pelayanan adminduk, kesehatan, transportasi.

“Fokus pemantauan Ombudsman saat libur lebaran yakni, layanan Disdukcapil, RSUD, Damkar, Pos Pelayanan Pengamanan terpadu di beberapa Kabupaten/Kota, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan,” ungkapnya

Ia menambahkan Ombudsman Jateng bersinergi dengan konco media dalam melakukan pengawasan pelayanan publik di Provinsi Jawa Tengah.

“Ombudsman RI sebagai lembaga negara pengawas eksternal pelayanan publik senantiasa bersinergi dengan Konco Media dalam melakukan pengawasan pelayanan publik, media juga punya hak mengawasi sebagaimana amanat UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik”, tambahnya.

Ia berpesan kepada publik untuk melakukan pengawasan lebaran 2019 dan jika ada keluhan dapat menghubungi Ombudsman melalui SMS, Whatsapp, Call Center maupun Email.

“Untuk sms atau wa untuk perwakilan 08112773797 atau call center di 137,” pungkasnya. (WN-002)

Editor: Astrid