BERBAGI

Temanggung, Warta Nasional – Para pengemudi dan kru angkutan Lebaran menjalani tes urine dan pemeriksaan kesehatan di Terminal Temanggung, Jawa Tengah, Senin (27/05/2019).

Setiap pengemudi bus yang masuk di Terminal Temanggung, satu per satu menjalani cek kesehatan dan ditensi oleh petugas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kesehatan para pengemudi maupun kru termasuk para penumpang yang ingin mengecek kesehatannya,” kata Kepala Perwakilan Jasa Raharja wilayah Magelang, Masdar.

Ia menuturkan cek kesehatan bagi pengemudi dan kru angkutan umum ini tujuannya agar di perjalanan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia menuturkan yang diperiksa penyakit-penyakit ringan, seandainya nanti ditemukan penyakit yang berat dari dokter akan membuat rujukan untuk ke rumah sakit yang akan dituju.

“Paling tidak surat keterangan rujukan kalau memang untuk penyakit yang agak berat. Dalam pemeriksaan ini kami juga memberikan obat secara gratis,” ujarnya.

Ia menuturkan setiap bulan melaksanakan dua kali pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi dan kru angkutan, namun dalam pengamanan Lebaran ini kegiatan ditambah 4 kali dalam satu bulan.

Selain mendapat pemeriksaan kesehatan, para pengemudi dan kru angkutan Lebaran juga menjalani tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Temanggung.

“Kami melakukan deteksi dini, melihat kemungkinan apakah ada pengemudi yang menjadi penyalahguna narkoba,” tambah Kepala BNN Kabupaten Temanggung Renny Puspita.

Ia mengatakan apabila ditemukan pengemudi yang menyalahgunakan narkoba maka akan dilakukan tindakan lanjut, tetapi kalau negatif maka mereka tetap jalan.

“Kalau positif tetap kita selidiki, dia penyalahguna di tingkat apa dan dia menggunakan apa, kalau dia positif pengguna narkoba akan sangat berbahaya kalau dia mengemudikan mobil di jalan,” ucapnya.

Menurut dia berdasarkan hasil tes urine terhadap sejumlah pengemudi dan kru semua negatif.

“Dari tes ini langsung bisa diketahui hasilnya, sejauh ini tidak ada yang positif dan mudah-mudahan memang tidak ada. Hal ini untuk membuat kenyamanan penumpang juga sehingga penumpang aman sampai di tempat tujuan,” pungkasnya. (Ant/WN)