BERBAGI
Ilustrasi/istimewa

BANJARNEGARA, Warta Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) masih berpeluang hujan ringan hingga beberapa hari ke depan.

“Masih ada peluang hujan ringan namun hanya bersifat lokal,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Kamis (31/05/2019).

Selain itu wilayah Wonosobo, tambah dia, juga berpeluang hujan ringan pada Jumat (31/5). Sementara Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga diprakirakan cerah berawan.

“Purworejo, Mungkid, Boyolali, Ungaran, Brebes, Magelang, Pekalongan, Tegal, Bumi Ayu, dan Slawi juga diprakirakan cerah berawan pada Jumat,”ungkapnya.

Sementara itu, tinggi gelombang di Laut Jawa, sebut dia diprakirakan sekitar 0,2 hingga 2 meter.

Sementara di perairan Selatan Jawa Tengah, kata dia, sekitar 1,3 hingga 3,5 meter.

Sebelumnya, BMKG juga menginformasikan bahwa wilayah Provinsi Jateng telah memasuki pancaroba atau masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga tren curah hujan terus menurun.

Kendati demikian, BMKG,terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada mengingat masih ada kemungkinan terjadinya hujan lebat, angin kencang dan juga petir pada masa peralihan ini.

BMKG meminta masyarakat untuk tidak panik namun selalu meningkatkan kewaspadaan karena masih ada potensi hujan lebat, angin kencang dan juga petir.

“Masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana tanah longsor dan juga banjir harus tetap mewaspadai hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dengan durasi yang lama karena berpotensi memicu bencana banjir dan longsor,” pungkasnya. (Ant/WN)