BERBAGI
Kepala Diskominfo Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Rusman Tingginehe.

Wasior, Teluk Wondama Warta Nasional – Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, terutama di kompleks perkantoran pemerintah daerah akan segera menikmati internet berkecepatan tinggi, kata pejabat berwenang.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Teluk Wondama, Rusman Tingginehe di Wasior, Selasa menjelaskan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan PT.Telkom untuk menyediakan jaringan internet “dedicated bandwith” berkapasitas 150 MBps.

Nota kesepahaman kerja sama antara Pemkab Teluk Wondama dengan PT. Telkom telah ditandatangi oleh Bupati Bernadus Imburi dengan  General Manager Telkom Wilayah Papua Barat, Djoni di Wondama.

Rusman Tingginehe menjelaskan, jaringan internet “dedicated bandwith” cocok dipergunakan untuk perkantoran lantaran memiliki kelebihan tersendiri yakni koneksi internet yang didapatkan pelanggan sesuai dengan paket yang diambil sehingga jauh lebih cepat dan stabil.

Sebelumnya penyediaan jaringan internet di perkantoran Pemkab Wondama dilakukan sendiri oleh masing-masing unit kerja sehingga paket dan kecepatan akses internet sangat bergantung pada ketersediaan dalam DPA masing-masing OPD.

“Dengan kerja sama ini diharapkan kendala akses internet yang selama ini dilkeluhkan di setiap kantor sudah bisa teratasi sehingga bisa mendukung kelancaran dalam tugas pelayanan di kantor maupun yang berhubungan dengan pelayanan ke masyarakat,“ kata Rusman

Adapun jangka waktu berlangganan sesuai kontrak adalah selama satu tahun terhitung mulai 1 Mei 2019 sampai 30 April 2020 dengan biaya sebesar Rp2,6 miliar lebih.

“Rencananya dalam pekan ini tim dari Telkom sudah turun untuk melakukan pemasangan jaringan, “ ujar mantan Kepala Dinas Perikanan Wondama itu.

Ia berharap, selain kompleks perkantoran produk PT Telkom ini bisa diakses masyarakat di seluruh wilayah Wondama. Internet dinilai mampu memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Banyak usaha ekonomi yang bisa dikembangkan, dari sektor pariwisata maupun sektor lainnya. Di daerah lain, masyarakat sudah cukup mudah mengakses internet, kami di Wondama juga harus bisa,” pungkas Rusman Tingginehe. (Ant/WN)