BERBAGI
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Nur Tofan. (Foto: Ist)

BATANG, Warta Nasional – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menetapkan perolehan kursi dan calon legislatif terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada awal Juli 2019.

Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan di Batang, Selasa, mengatakan bahwa penetapan perolehan kursi dan penetapan calon DPRD terpilih itu akan dilaksanakan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memasukan pada buku register gugatan untuk Pileg 2019.

“Jadi penetapannya menunggu MK memasukan pada buku register gugatan untuk Pileg 2019, yang direncanakan 1 Juli mendatang. Adapun penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dilakukan paling lambat tiga hari setelah penulisan register,” tuturnya, Selasa (25/06/2019).

Selain itu, kata dia, penetapan perolehan kursi dan calon DPRD terpilih itu juga akan mengacu pada arahan KPU Pusat dan provinsi.

Ia mengatakan sejauh ini tidak ada gugatan kepada Mahkamah Konstitusi terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 di Batang.

Kendati demikian, kata dia, KPUD masih menunggu adanya arahan teknis dari KPU RI.

“Rencananya, dalam waktu dekat kami akan mengikuti rapat koordinasi (rakor) yang digelar oleh KPU Jateng terkait arahan pelaksanaan penetapan caleg DPRD terpilih,” katanya.

Menurut dia, mekanisme penetapan calon DPRD terpilih dengan membentuk rapat pleno terbuka dan mengundang seluruh peserta pemilu legislatif, badan pengawas pemilu (bawaslu), serta pihak terkait.

Selanjutnya, kata dia, KPU akan membacakan surat keputusan penetapan perolehan kursi dan calon DPRD terpilih.

“Kita akan melihatkan perhitungannya dengan metode ‘sainte lague’ murni. Setelah perolehan kursi ditetapkan maka kita akan melihat calon yang terpilih di setiap daerah pemilihan (dapil) dilihat dari partai yang mendapatkan kursi yang memiliki suara terbanyak,” pungkasnya. (WN/Ant)