BERBAGI
Foto Dok. : Ilustrasi

PURWOKERTO, Warta Nasional – Harga berbagai jenis cabai di pasar tradisional kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali melonjak akibat minimnya pasokan dari petani.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Senin, harga berbagai jenis cabai saat ini rata-rata mencapai kisaran Rp60.000-Rp65.000 per kilogram.

Sebelumnya, harga cabai merah keriting berkisar Rp57.000-Rp58.000 per kilogram, cabai rawit hijau sebesar Rp50.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp40.000, sedangkan cabai merah besar tetap bertahan pada kisaran Rp60.000 per kilogram dalam dua pekan terakhir.

Salah seorang pedagang sayuran, Yuni mengatakan harga cabai sempat mengalami penurunan setelah Lebaran 2019, namun sekarang kembali melonjak.

“Kalau menurut informasi dari pemasok sih disebabkan pasokan dari petani berkurang akibat dampak kemarau, sehingga harganya naik. Kami pun menyesuaikan kenaikan harga tersebut,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto Agus Chusaini mengatakan inflasi pada bulan Juni di Purwokerto sebesar 0,54 persen dan di Cilacap sebesar 0,75 persen.

Menurut dia, kenaikan harga cabai merah khususnya yang terjadi saat Lebaran telah turut menyumbang terjadinya inflasi pada bulan Juni di Purwokerto dan Cilacap.

“Dalam hal ini, komoditas cabai merah besar telah menyumbang inflasi sebesar 0,17 persen di Purwokerto dan 0,16 persen di Cilacap,” katanya.

Menurut dia, lonjakan harga cabai khususnya cabai merah yang terjadi sejak akhir bulan Juni itu disebabkan keterbatasan stok karena petani belum memasuki masa panen.

Kendati terjadi kenaikan harga cabai, ia mengatakan berdasarkan survei pantauan harga (SPH) yang dilakukan oleh KPw BI Purwokerto, beberapa komoditas mengalami penurunan harga, salah satunya bawang putih.

“Deflasi bawang putih terjadi akibat normalisasi harga seiring dengan mulai lancarnya pasokan dari distributor. Hal ini sejalan dengan terus meningkatnya importir yang memiliki izin impor bawang putih,” katanya.

Sementara di Pasar Manis, harga bawang putih saat ini berkisar Rp37.000-Rp38.000 per kilogram atau turun dari sebelumnya yang sebesar Rp40.000 per kilogram.

Selain bawang putih, penurunan harga juga terjadi pada komoditas bawang merah, yakni dari Rp42.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram. (Ant/WN)