BERBAGI
Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) dengan kemampuan fast charging station 50 kW milik BPPT di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta.(Istimewa)

JAKARTA, Warta Nasional – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah memiliki dua inovasi Fast Charging Station atau stasiun pengisian cepat untuk mobil listrik di Jakarta dan Puspiptek Serpong.

Sejalan dengan Perpres Kendaraan berbasis Listrik yang baru saja ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, BPPT telah menyiapkan dua Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS), yaitu fast charging station 50 kW di BPPT Jakarta dan smart charging station 20 kW di B2TKE-BPPT Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan.

Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan kehadiran fasilitas fast charging station milik BPPT ini diharapkan memberikan solusi terhadap durasi pengisian kendaraan listrik.

“Kemarin sore saya lihat taksi berbahan bakar listrik Perusahaan Bluebird melakukan pengisian daya di Fasilitas Fast Charging Station Kendaraan Listrik milik BPPT di Kantor BPPT Jalan MH Thamrin, Jakarta. Dari informasi yang saya terima, proses pengisian daya listrik inipun hanya selama 30 menit, mengisi daya dari 62 ke 230 ampere,” kata Hammam.

Ini, menurut dia, tentu lebih ramah lingkungan sekaligus efisien.

“Betapa efisiennya taksi berbahan bakar listrik ini dibuktikan dengan kemampuannya menempuh jarak hingga lebih dari 300 kilometer, untuk mengisi ulang daya selanjutnya,” ujarnya. (Ant/WN-001)