BERBAGI
Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD dr Ashari Pemalang, dr. H Muchamad Nur Aziz (Foto: Dok Pribadi)

PEMALANG, Warta Nasional – Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD dr Ashari Pemalang, dr. H Muchamad Nur Aziz memaknai Hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI) mempunyai arti tersendiri dan harapan bagi kehidupannya dan masyarakat Pemalang menjadi lebih apik.

“Kami bertekad dan optimis bisa membawa perubahan untuk Pemalang lebih Apik yakni Pemalang bersih dan bagus kedepannya dari sekarang ini,” kata HM. Nur Aziz kepada wartanasional.com di Pemalang, Sabtu (17/08/2019).

Menurut dokter Aziz sapaan akrab dr. H Muchamad Nur Aziz, Sp.PD. KGH. FINASIM potret kesehatan Indonesia di usianya yang ke-74 ini sudah jauh lebih baik dibanding puluhan tahun silam. Saat ini, jumlah tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan sudah lebih banyak, meski pun di sejumlah wilayah belum terpenuhi dan masih ada kesenjangan antar beberapa daerah.

Selain itu, kata Founder Edukasi Pemalang itu, masyarakat miskin yang sulit mengakses layanan kesehatan saat ini sudah dijamin oleh negara melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan.

“Program JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan terus didukung, meski harus ada perbaikan di dalam pelayananannya baik di Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit,” ujarnya.

Pemalang Apik

Dokter Aziz mengungkapkan makna kemerdekaan adalah membangun Indonesia menjadi lebih maju dan besar sehingga akan berdampak positif bagi warganya.

“Membangun bangsa artinya membangun rakyatnya, jangan hanya negera yang merdeka, rakyatnya juga harus merdeka. Itulah makna kemerdekaan,” imbuhnya.

Khususnya di Kabupaten Pemalang, kata dokter Aziz, apa yang harus dilakukan agar seluruh masyarakatnya maju dalam kesehatan, pendidikan, sosial budaya, dan kesejahteraan meningkat. Itu yang harus dibangun dan dikembangkan untuk Pemalang Apik.

“Meski dalam bidang kesehatan sekarang masih adanya disparitas derajat kesehatan masyarakat, dimana sebagian menikmati kesehatan dan sebagian tidak. Oleh sebab itu, untuk memenuhi equity atau keadilan harus diperjuangkan,” katanya.

Ditambahkan dokter Aziz, berharap di momentum HUT ke-74 RI, pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur dasar harus merata dan bisa dinikmati masyarakat di daerah-daerah termasuk di daerah Pemalang Jawa Tengah.

“Pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur harus benar-benar merata terutama untuk akses di pedesaan, masih ada beberapa lokasi yang belum tersentuh sama sekali,” pungkasnya. (WN-009)

Editor : Hanifah