BERBAGI
Jamaah haji Debarkasi Batam menunggu waktu pemulangan ke daerah asal.(Istimewa)

PEKANBARU, Warta Nasional – Sebanyak 442 haji Kelompok Terbang (Kloter) 6 embarkasi Batam (BTH) sudah tiba di Batam, Jumat (23/8) pukul 03.00-03.20 WIB setelah terpaksa harus menunggu di ruang tunggu Bandara King Abdul Aziz Jeddah, karena pesawat Saudi Arabia Air Line terlambat dua hingga tiga jam.

“Jemaah haji kloter BTH 06 memasuki pesawat menuju Bandara Hang Nadim Batam sekitar pukul 13.52 WAS,” kata Pranata Humas Ahli Muda, Kanwil Kemenag, Riau, Vehtria Rahmi di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Rahmi JH para jemaah diterbangkan dari Jeddah menuju Batam pada pukul 14.49 WAS atau sekitar pukul 18.50 WIB. Sebelum mereka diterbangkan untuk selanjutnya menggunakan pesawat Lion Air Indonesia menuju SSK II Pekanbaru.

Selanjutnya dari Pekanbaru, mereka akan diantar menggunakan 10 armada bus dan sejumlah truk untuk mengangkut kopor jemaah yang disediakan Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) EHA Riau ke Embarkasi Haji Antara.

“Jemaah akan mengikuti acara prosesi penyambutan sekaligus serah terima pemulangan jemaah ke panitia PPIH daerah,” ujarnya.

Rahmi mengatakan seperti dilaporkan TPHI kloter 6 BTH, H Abdul Razak bahwa JH diberangkatkan dari Mekkah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 04.15 waktu setempat menggunakan armada bus sebanyak 10 bus Abu Sarhad.

“Masing- masing bus dipandu oleh masing-masing karom, JH yang tiba di Tanah Air berjumlah 442 orang berikut petugas kloter, terdiri atas 187 laki-laki dan 254 perempuan,” sebutnya.

JH yang berjumlah 442 orang itu terdapat 3 orang tanazul awal dari BTH 09 yakni Suwardi dari kloter 09, dan Mariyam serta Tarse Harun Abdullah dari kloter BTH 12.

JH mendapatkan air zamzam untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga. Air Zamzam tersebut lebih dulu tiba Asrama Haji Debarkasi Haji Antara Riau, dan akan dibagikan di Kemenag Kabupaten/kota masing masing. JH 06 berangkat ke tanah suci pada Juli 2019 dengan masa ibadah haji 41 hari. (Ant/WN-001)