BERBAGI
Kepala Dinsospemdes Kabupaten Bangka, Arman Agus(Istimewa)

SUNGAILIAT,BANGKA, Warta Nasional – Seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dituntut meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka, Arman Agus di Sungailiat, Jumat, mengatakan, peningkatan SDM bagi masyarakat desa diperlukan agar mampu membangun dan melakukan inovasi potensi yang ada di masing-masing desa.

“Masing-masing desa mempunyai potensi yang belum semuanya dikembangkan secara maksimal, padahal potensi seperti pariwisata dapat membantu pendapatan keuangan desa,” sebutnya.

Selain meningkatkan SDM, Arman Agus menyarankan ke pemerintah desa agar fokus menyelesaikan persoalan yang ada di setiap desa seperti yang saat ini diprogramkan pemerintah masalah menekan angka stunting.

“Saya sarankan pemerintah desa terutama desa yang menjadi lokus stunting agar lebih fokus dalam penanganannya termasuk menyediakan anggaran melalui dana desa,” ujarnya.

Meskipun di 2019 angka stunting sudah menurun drastis tetapi setiap desa wajib mengalokasikan anggaran dana desa untuk meminimalisir angka kasus tersebut.

Untuk memaksimalkan penyerapan dana desa, kata dia pihaknya akan membentuk membentuk bursa inovasi, dimana setiap desa dapat memilih inovasi yang lebih cocok diterapkan di desanya.

Dengan bursa inovasi yang diimbangi dengan SDM diharapkan dana desa dapat diserap dengan maksimal sesuai peruntukannya karena diketahui masih banyak menyisakan silpa dana desa yang harus dikembalikan ke pemerintah. (Ant/WN-001)