BERBAGI
Rektor UNSYIAH, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng(Istimewa)

MEDAN, Warta Nasional – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sepakat melakukan kerja sama dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kedua universitas tersebut.

Rektor UISU Dr. Yanhar Jamaluddin di Medan, Kamis mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas sambutan yang sangat baik dan juga atas keinginan Unsyiah untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan pada kedua universitas.

Ia juga menjelaskan UISU yang merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Sumatera itu saat memiliki 35 program studi yang akan berusaha menjadi program studi unggul.

“Kami juga akan berusaha untuk menjadi institusi yang unggul. Saat ini UISU sudah terpilh menjadi lima perguruan tinggi yang termasuk dalam pembinaan AIPT Unggul,” katanya.

Sementara Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan kerja sama itu merupakan jembatan dalam membangun kualitas perguruan tinggi dalam berbagai bidang terutama bidang pendidikan berbasis informasi teknologi (IT).

“Unsyiah sekarang peringkat 8 nasional sebagai pusat mitigasi bencana dan pusat research tsunami yang semuanya dapat dilihat di website Unsyiah,” katanya.

Ia juga menyebutkan dalam upaya mendukung peningkatan sumber daya manusia, pihaknya akan membantu UISU dalam program studi lanjut S-3 melalui Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) dan program percepatan Doktor.

BPPDN merupakan beasiswa yang disediakan bagi dosen tetap yang bertugas pada perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (Ant/WN-001)