BERBAGI
Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke KPI Pusat, Jum'at (04/10).

JAKARTA, Warta Nasional – Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke KPI Pusat, Jum’at (04/10). Dalam kunjungan yang diterima Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo dan Komisioner KPI Pusat, Mohamad Reza.

Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah, Mohammad Saleh, ST mengatakan dalam kunjungan kerja (kunker) ke KPI Pusat yakni melakukan diskusi bersama terkait akan membentuk peraturan daerah (perda) inisiatif tentang muatan lokal penyiaran di Jawa Tengah.

“Siaran muatan lokal dinilai sangat penting terlebih regulasi secara nasional pun sudah diwajibkan minimal 10 persen untuk muatan lokal, sehingga perlu ada aturan regulasianya,” kata Mohammad Saleh kepada wartanasional.com, Sabtu (05/10).

Gagasan membentuk sebuah perda inisiatif muatan lokal penyiaran di Jateng, Politisi Golkar Jateng itu yang menilai perda merupakan perangkat hukum yang sangat kuat menjadi landasan implementasi isi siaran berbasis kearifan lokal di Jateng.

“Lembaga penyiaran di Jateng sudah banyak yang menyampaikan konten isi siaran muatan lokal dalam program siaranya, meski juga ada yang belum menyampaikan siaran muatan lokal, sehingga kami perlu menginisiasi Perda muatan lokal penyiaran,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dikatakan Ketua Fraksi Golkar DPRD Jateng itu, berharap dengan dibentuknya perda muatan lokal penyiaran nantinya lembaga penyiaran menghormati dan memuliakan nilai-nilai kearifan lokal Jateng dalam program-program siarannya.

“Terlebih provinsi Jawa tengah sangat berkepentingan untuk mengenalkan pariwisata, UMKM dan hal-hal unik lainnya di media televisi maupun radio,” imbuhnya.

Selain itu, kunjungan Komisi A DPRD Jateng ke kantor KPI Pusat dalam rangka berkonsultasi terkait persiapan pergantian anggota KPID Jateng periode 2017-2020 yang akan berakhir pada Februari 2020 mendatang.

“Untuk itu kami perlu berkonsultasi ke KPI Pusat terkait bagaimana mekanisme kesiapan pergantian dan proses rekrutmen anggota KPID Jateng periode selanjutnya,” pungkasnya. (WN-168)

Editor : IH Hidayat