BERBAGI
Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah membuka gerai pengaduan dan konsultasi pelayanan publik di Kota Surakarta (WN/ORI)

SURAKARTA, Warta Nasional – Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah membuka gerai pengaduan dan konsultasi pelayanan publik dengan tajuk PVL On The Spot di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta Jawa Tengah.

“Kegiatan ini dalam rangka mendekatkan akses pelayanan Ombudsman secara langsung kepada masyarakat,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, Siti Farida SH MH dalam rilis yang diterima wartanasional.com di Semarang, Selasa (08/10).

Farida mengungkapkan, rangkaian kegiatan PVL On The Spot diantaranya memberikan bimtek Mekanisme Komplain dan Peningkatan Kualitas Pengelolaan Pengaduan Masyarakat regional satu yang bertempat di Pemkot Surakarta.

“Acara tersebut dihadiri 11 pengelola pengaduan Kabupaten/Kota, Polres, dan ATR BPN,” katanya.

Lanjut Farida, kegiatan yang sama akan dilaksanakan di Kota Magelang dan Semarang. Dalam kegiatan tersebut nantinya diharapkan ada narahubung untuk memudahkan komunikasi dalam penyelesaian laporan.

“Kegiatan PVL On The Spot diharapkan menjadi salah satu bentuk Proaktif dan progresif Ombudsman dalam menjawab kebutuhan publik,” ujarnya.

Lanjut Farida, selain itu dengan melakukan “jemput bola” bertatap muka dan mendengarkan aspirasi publik setempat juga dapat berkonsultasi mengenai pelayanan publik, maladministrasi, serta menyampaikan laporan resmi kepada Ombudsman.

Prosedur laporan kepada Ombudsman sangat mudah, masyarakat cukup menyampaikan kronologi laporan, bukti keterangan telah berupaya kepada pihak terlapor terkait dan menyertakan kartu identitas. Tentunya tanpa dipungut biaya atau Gratis.

Ditambahkan Farida, saat ini sebanyak 43% laporan masyarakat yang diterima melalui datang langsung, 21 % via email, 52% lewat surat, dan 15%  lewat telepon.

“Keterlibatan Ombudsman dalam kegiatan ini merupakan respon sekaligus komitmen dalam memberi pelayanan publik terbaik bagi masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Indonesia Melayani,” pungkasnya.  (WN-009)

Editor : Hanifah