BERBAGI
Kondisi hutan yang tertutup asap dari titik api yang membakar hutan tropis kawasan Taman Wisata Alam Kawah Putih Gunung Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019). (Istimewa)

BANDUNG, Warta Nasional – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan luas lahan yang terbakar di lahan Kawah Putih Putih Ciwidey, Desa Suguhmukti Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mencapai 15 hektare

“Dan dampak kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu ialah lahan yang sudah terbakar mencapai 15 hektare,” kata Manajer Pusdalops PB BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu, Selasa.

Dia mengatakan kondisi terkini di Kawah Putih Ciwidey sampai dengan pukul 11 siang, kobaran api masih menyala di kawasan tersebut.

“Taksiran luas lahan yang terbakar sampai dengan jam 11 siang tadi mencapai 20 hektare dan diprediksi masih akan meluas,” katanya.

Budi mengatakan total luas baku lahan di Kawah Putih mencapai 449,17 hektare dan sampai hari ini masih dalam penanganan pemadaman.

Dia mengatakan kebakaran lahan yang terjadi di Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung, terjadi sejak Senin, 7 Oktober 2019, pukul 14.00 WIB.

Kebakaran lahan tersebut, kata dia, mengakibatkan beberapa tanaman dan pohon terbakar seperti Pohon Cantigi, Pakis Andam, Alang-alang hangus terbakar.

Sejumlah upaya yang dilakukan untuk memadamkan api di kawasan tersebut, seperti BPBD Provinsi Jawa Barat Berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung.

BPBD Kabupaten Bandung melakukan assessment ke lokasi kejadian dan BPBD Provinsi Jawa Barat melakukan pendamping ke lokasi kejadian kebakaran lahan Kawah Putih Ciwidey.

“Penanganan dan pemadaman kebakaran masih dilakukan oleh BPBD Kabupaten Bandung bersama Polres Bandung, Kodam 0609, BPBD Provinsi Jabar, Perhutani, Damkar Pengelola Wisata Kawah Putlh dan masyarakat sekitar dan relawan penggiat kebencanaan,” katanya. (Ant/WN)