BERBAGI
Siswi SMA Negeri 9 Makassar Sulawesi Selatan, Siti Fira Zahira pada Internasional Asia Pacific Gojukai Championship 2019 yang berlangsung 25 September - 2 Oktober di , Filipina.(Istimewa)

MAKASSAR, Warta Nasional – Siti Fira Zahira, seorang siswi SMA Negeri 9 Makassar Sulawesi Selatan berhasil memborong lima medali pada Internasional Asia Pacific Gojukai Championship 2019 yang berlangsung 25 September – 2 Oktober di Cebu, Filipina.

“Kesuksesan Ini tidak terlepas dari dukungan sekolah serta peran pengurus Gojukai Komda Sulsel, khususnya shihan saya, Prof Dr Shihan Musakkir dan para pelatih,” ungkap Fira di Makassar, Rabu.

Masing-masing medali yang diraih Fira, yakni pada kategori Kata Bunkai Senior Putri (Emas), Kata Beregu U-21 Putri (Emas), Kata Perorangan Junior Putri (Perunggu), Kumite 53 Junior Putri (Perak), dan Kata Bunkai Junior Putri (Perak).

Siswi kelas XI MIA 9 ini mengharumkan nama bangsa usai menumbangkan peserta asal Australia di laga final pada pertandingan Kata Bunkai Senior Putri dan Kata Beregu U21 Putri.

Sebelum berangkat mewakili Indonesia, Fira telah berhasil menjadi juara pada kejuaraan nasional yang digelar di Bekasi pada Agustus lalu. Kemudian, ia mengikuti pelatihan (training center) bersama seluruh tim Indonesia yang akan berjuang pada kejuaraan tingkat Asia Pasific yang diikuti 33 negara tersebut.

Fira juga telah mengikuti beberapa pertandingan lainnya di tingkat daerah, seperti Pekan Olahraga Kota (Porkot), Wali Kota Cup serta Olimpiade Olahraga Siswa tingkat daerah hingga nasional.

Kepala SMA 9 Makassar Supardin menyampaikan rasa bangganya atas torehan prestasi yang diraih peserta didiknya. Ia mengaku akan terus memberikan semangat dan dukungan bagi siswa-siswinya untuk memiliki daya saing dari segala bidang, seperti seni dan olahraga.

“Kami sangat bangga karena siswi kami bisa ambil bagian dalam mengharumkan nama Indonesia hingga tingkat internasional. Semoga ini terus berlanjut dan Fira menjadi teladan bagi teman-temannya agar bisa berprestasi,” tuturnya.

Rencananya, prestasi yang diukir Fira tersebut akan mendapat apresiasi dari pihak sekolah melalui penyerahan medali pada 21 Oktober mendatang. (Ant/WN)