BERBAGI
Dokumentasi - Massimiliano Allegri saat masih melatih Juventus sebelum pertandingan melawan Torino di Allianz Stadium, Turin, Italia pada 3 Mei 2019. (Istimewa)

JAKARTA, Warta Nasional – Mantan pelatih Juventus Massimiliano Allegri memberi sinyal dirinya belum akan melatih Manchester United dalam waktu dekat.

Belakangan ini Allegri kerap disebut-sebut kian merapat ke United, yang penampilannya di bawah asuhan Ole Gunnar Solksjaer belum kunjung stabil.

Saya belum cukup mampu berbahasa Inggris, namun saya tetap belajar,” gurau Allegri saat berbicara dalam simposium Asosiasi Pelatih Sepak bola seperti dilansir Przeglad Sportowy.

Sementara mengakui bahwa ia masih harus meningkatkan bahasa Inggrisnya, Allegri menggaris bawahi bahwa ia merupakan pelatih yang lebih banyak mendengar dibanding berbicara saat meraih kesuksesan di Juventus.

Mantan allenatore AC Milan itu memenangi lima gelar Liga Italia saat mengarsiteki Juve, serta membawa klub Turin itu ke final Liga Champions sebanyak dua kali.

“Ada dua cara untuk menjadi pelatih yang bagus: otoriter dan liberal. Saya memilih yang terakhir, saya lebih banyak mendengar daripada berbicara,” tutur Allegri.

“Berkat strategi ini, saya menerima lebih banyak informasi dari luar yang secara positif mengubah dunia saya. Saya masih menyangkal validitas ide-ide saya. Saya berdebat dengan diri saya sendiri,” tambahnya.

Allegri saat ini sedang tidak melatih klub manapun setelah ia meninggalkan Juve pada Mei silam. Dari pembicaraan-pembicaraan sebelumnya, pria 52 tahun itu sempat berkata akan beristirahat dari sepak bola selama satu tahun. (Ant/WN)