BERBAGI
Acara diskusi Mugas Center, bertema Hari Pahlawan di Kantor PWI Jateng, Jumat (8/11/2019).

SEMARANG, Warta Nasional – Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman mengungkapkan, Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November diharapkan mampu menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa, meski perkembangan zaman modern menjadi tantangan saat ini.

“Di mana teknologi seperti gadget harus digunakan secara bijak untuk generasi muda,” katanya dalam acara diskusi Mugas Center bertema Hari Pahlawan di Kantor PWI Jateng, Jumat (8/11/2019).

Pilus sapaan akrab Kadar Lusman, saat ini harus bijak dalam penggunaannya. Jangan malah untuk mengakses hal-hal yang sifatnya negatif.

“Jangan malah dengan gadget ini melupakan hak dan kewajibannya sebagai generasi mudah untuk mengisi kemerdekaan ini,” ucapnya.

Di era milenial, Pilus mengatakan bahwa anak jaman sekarang pada khususnya, serta seluruh lapisan masyarakat luas pada umumnya harus lebih waspada dan ikut serta memerangi bentuk penjajahan yang sulit dideteksi dengan jelas. Misalnya melalui kebudayaan asing dan paham radikalisme.

Sementara itu, Rodji salah satu veteran Semarang, mengatakan, Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November diharapkan masyarkat sekarang ini mampu meneladani semangat para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

“Kemerdekaan ini diperoleh tidak begitu saja. Tapi para pahlawan bangsa ini berjuang dengan mempertaruhkan jiwa raganya,” ujar pria yang sudah berusia 73 tahun itu.

Rodji berharap, generasi penerus di Semarang ini khususnya, bisa mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan dahulu dengan kegiatan yang positif dan bisa membangun Semarang menjadi lebih maju lagi.

“Jangan malah tidak tau atau malah tidak mau tau tentang sejarah”, imbuhnya.

Selanjutnya Seksi Bidang Organisasi PWI Jateng Widiyartono, menerangkan, jika saat ini setiap orang harus memiliki jika pahlawan dengan cara memberi dalam koridor kebaikan.

“Setelah kita memberi, kita juga bisa lakukan adalah berkreasi. Di mana kreasi tersebut harus memiliki nilai kegunaan atau berdampak positif terhadap sesama,” pungkasnya. (WN-009)

Editor : Tri Wahyu