BERBAGI
Foto: Ilustrasi

Oleh : Hendra Wiguna*

Hari Pahlawan adalah momentum kita sebagai generasi penerus untuk mengenang perjuangan para pendahulu baik dalam memperjuangkan kemerdekaan ataupun dalam mempertahankan kemerdekaan. Konotasi perjuangan terdahulu adalah perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan.

Hari ini, mari kita peringati Hari Pahlawan sebagai momentum memperbaiki lingkungan. Terutama lingkungan pesisir yang merupakan perwajahan Nusantara ini, bukankah kita adalah bangsa bahari? Ya, oleh karena itu sudah sepantasnya kita merawat keberlangsungan kehidupan diwilayah pesisir.

Keberlangsungan lingkungan pesisir menjadi tanggungjawab kita semua, karena sejatinya keadaan lingkungan pesisir sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup kita semua.

Dalam upaya memastikan keberlangsungan terjaganya lingkungan pesisir, salah satunya dengan menanam mangrove. Besar manfaat yang kita dapati dari mangrove, oleh karenanya mari kita mulai menanam mangrove.

Dikemudian hari mangrove selain menjadi penjaga keberlangsungan lingkungan pesisir, mangrove bisa menghasilkan berbagai macam produk. Dalam perkembangannya saat ini, sudah banyak warga pesisir yang memanfaatkan mangrove menjadi berbagai macam olahan. Kegiatan pemanfaatan mangrove menjadi olahan pun tidak merusak mangrove, atau bahkan dibeberapa daerah kawasan mangrove menjadi tempat wisata. Dari sini kita sadari, mangrove selain baik untuk lingkungan, juga dapat mendorong perekonomian masyarakat pesisir.

Oleh karena itu, menjelang Hari Pahlawan mari kita jadikan sebagai momentum menjaga keberlangsungan pesisir sebagaimana pendahu kita memperjuangkan serta menjaga kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia. Merdeka !

*Penulis: Hendra Wiguna (Humas KNTI Kota Semarang)