BERBAGI
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto.(Istimewa)

KOBA, BANGKA TENGAH, Warta Nasional – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima sebanyak 125 berkas yang melamar untuk menjadi anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan.

“Mereka akan diseleksi untuk menjadi anggota panwaslu kecamatan,” kata Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto di Koba, Selasa.

Rekrutmen anggota panwaslu kecamatan dilakukan serentak untuk enam kecamatan di daerah itu. Pendaftar diseleksi administrasi, kemudian computer based test (CBT), keterampilan, dan wawancara.

Robianto menyebutkan dari 125 berkas pendaftaran, sebanyak 121 berkas pelamar memenuhi syarat administrasi. Mereka berhak mengikuti tes tahap berikutnya.

Bawaslu setempat membutuhkan sebanyak 36 anggota panwaslu kecamatan. Mereka akan ditempatkan di enam kecamatan.

Ia menerangkan bahwa computer based test atau tes berbasis komputer adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes.

Penyajian dan pemilihan soal CBT, kata dia, dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

“Jadwal tes dilaksanakan selama 2 hari mengingat banyaknya pelamar,” ujarnya. (Ant/WN)