BERBAGI
Temu Budaya Kaltara Tahun 2019(Istimewa)

TANJUNG SELOR, Warta Nasional – Kalimantan Utara (Kaltara) memiliki banyak potensi di bidang kesenian dan kebudayaan. Potensi yang besar ini perlu dijaga dan dikelola untuk mendorong pertumbuhan kreatifitas seniman dan budayawan di Kaltara. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Sigit Muryono saat membuka Temu Seni Budaya Kaltara Tahun 2019 di Ruang Serbaguna Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, Kamis (14/11).

Sigit mengatakan, diperlukan kebijakan makro kebudayaan dalam rangka proses pembudayaan manusia. “Generasi muda agar tidak melupakan akar budaya bangsa dan sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh kehilangan jati dirinya,” ujarnya. Temu Seni Budaya Kaltara, sebut Sigit, menjadi wadah para seniman dan budayawan Kaltara menyalurkan kreasinya. “Saya sangat menghargai kreatifitas ini, yang memiliki nilai tinggi, menjungjung harkat dan martabat masyarakat Kaltara. Semoga seluruh kegiatan yang telah dirancang dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini merupakan gelaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya, Disdikbud Kaltara. Dimulai dari pembukaan dan bincang budaya pada 14 November 2019. Kemudian dilanjutkan dengan temu puisi dan temu teater pada 15 November 2019, pentas musik etnik pada 16 November 2019, dan berakhir pada kegiatan temu musik pada 17 November 2019. Dalam rangkaian kegiatan ini ada juga pameran seni rupa yang baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Kaltara. Yaitu pada 14 November 2019 dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara. Selanjutnya dilaksanakan di Kedai Anom Coffee & Tea, jalan Mangga pada tanggal 15 – 17 November 2019. (Ant/WN)