BERBAGI
Jakarta Youth Choir dan Paduan Suara Mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor D’Voice (PSM SV IPB D’Voice) juara dalam kompetisi paduan suara bergengsi Varsovia Cantat ke-14 yang diadakan di Warsawa, Polandia, dari tanggal 15 hingga 17 November.(Istimewa)

LONDON, Warta Nasional – Jakarta Youth Choir dan Paduan Suara Mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor D’Voice (PSM SV IPB D’Voice) meraih juara kompetisi paduan suara tingkat dunia Varsovia Cantat ke-14 di Warsawa, Polandia, pada 15-17 November.

“Penampilan paduan suara Indonesia Jakarta Youth Choir dan Paduan Suara Mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor D’Voice (PSM SV IPB D’Voice) berhasil memukau juri dan penonton,” demikian kata Pensosbud KBRI Warsawa Diyah Ramadani Agustini, Senin (18/11).

Tepuk tangan juri dan penonton menggema di Fryderyk Chopin University of Music (FCUM) ketika Jakarta Youth Choir dan PSM SV IPB D’Voice diumumkan sebagai pemenang pada beberapa kategori.

Jakarta Youth Choir dengan konduktor Septo Adi Kristanto Simanjuntak meraih juara dua kategori Mixed Choirs, juara tiga kategori Male or Female Choirs, dan Romuald Twardowski Prize untuk penampilan terbaik komposisi karya Romuald Twardowski oleh kelompok paduan suara asing.

Sementara itu, PSM SV IPB D’Voice dengan konduktor Asep Aryanto meraih juara tiga kategori Chamber Choirs dan juara tiga kategori Mixed Choirs.

Kedua wakil Indonesia itu berkompetisi dengan kelompok paduan suara dari beberapa negara, antara lain Ceko, Estonia, Latvia, Polandia, Rusia, dan Slovenia.

Dewan juri terdiri dari Prof Romuald Twardowski dan Marcin Cmiel (Polandia), Prof Bernhard Gferer (Austria), Damijan Mocnik (Slovenia), dan Agnes Gerenday (Hongaria).

Duta Besar RI untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah yang ikut menyaksikan lomba paduan suara itu menilai partisipasi kelompok paduan suara Indonesia dalam berbagai kompetisi di luar negeri seperti di Polandia memberikan makna positif bagi banyak pihak.

Selain ikut mempromosikan dan mengharumkan nama Indonesia melalui talenta, anggota kelompok paduan suara juga berkesempatan mengenal negara lain.

“Saya yakin mereka akan mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman, di samping kompetisi yang mereka ikuti, yang nantinya akan bermanfaat bagi pengembangan diri”, demikian Duta Besar Indonesia di Polandia yang biasa disapa Dubes Nining itu. (Ant/WN)