BERBAGI
PMI dan IFRC meresmikan puskesmas pembantu dan puskesmas sementara Tanjung Padang di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, sekaligus menyerahkan bangunan tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Donggala. (Istimewa)

DONGGALA, SULTENG, Warta Nasional – Palang Merah Indonesia (PMI) menyerahkan bantuan berupa fasilitas puskesmas pembantu dan puskesmas sementara Tanjung Padang di Kecamatan Sirenja untuk korban bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

“Ini merupakan bentuk kepedulian PMI dalam bidang kesehatan, khususnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini yang menjadi korban bencana setahun lalu,” kata Kepala Markas PMI Pusat Sunarbowo Sandi melalui sambungan telepon, Selasa.

Puskesmas pembantu dan puskesmas sementara itu, menurut dia, dibangun dengan dukungan dana dari International Federation of Red Cross and Red Crescent Society (IFRC) dan merupakan dua dari empat fasilitas kesehatan dasar bantuan PMI bagi warga Kecamatan Sirenja.

PMI juga memberikan bantuan peralatan dasar seperti sterilisator, nebulizer, oxygen concentrator, genset, serta instalasi air dan sanitasi untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan di fasilitas kesehatan yang melayani pemeriksaan kesehatan, persalinan, rawat inap, serta layanan kesehatan lain itu.

PMI membangun fasilitas kesehatan itu sejak masa tanggap darurat bencana dengan harapan bisa membantu warga mengakses layanan kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala Fabotin mengatakan, pemerintah daerah siap menjalankan dan menjaga fasilitas pelayanan kesehatan itu.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PMI atas perhatian dan bantuannya kepada masyarakat Kecamatan Sirenja pada sektor kesehatan dasar,” katanya. (Ant/WN)