BERBAGI
Broadband Learning Center (BLC) di Jl. Tambakrejo VI/No. 3 Kota Surabaya (Istimewa)

SURABAYA, Warta Nasional – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menambah Broadband Learning Center (BLC) atau sarana pembelajaran komputer dan internet gratis di tiga titik.

“Tahun ini ada penambahan BLC yang kita pasang di Sememi, Rusun Tambak Wedi dan Rusun Keputih,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M. Fikser di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, jumlah BLC di Surabaya saat ini sebanyak 52 titik diantaranya di Bulak, Bulak Banteng, Kemayoran, Rusun Dupak, Rusun Pesapen, Randu, Tanah Merah I, Tanah Merah II, Telecenter Ampel, Ujung, Banyuurip, Kupang, Menanggal, Gayungan, Karang Pilang, Kedurus, Kupang Gunung, Petemon.

“Pemasangan BLC di rusun-rusun dimaksudkan agar anak-anak warga yang tinggal di situ bisa belajar teknologi komputer dan lainnya,” ujarnya.

Fikser mengemukakan penambahan jumlah lokasi BLC di rusun-rusun ini bertujuan agar semakin dekat dengan warga. Warga rusun bisa dengan mudah mengakses perangkat TIK dan belajar memanfaatkannya dengan baik.

“Siapapun boleh memanfaatkannya, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga warga yang sudah lanjut usia,” tambah mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini.

Tidak hanya untuk warga rusun, tetapi juga warga sekitar rusun boleh memanfaatkan BLC dengan sebaik-baiknya. Fasilitasnya cukup nyaman karena ruangan dilengkapi dengan AC, komputer 10 unit, dan juga proyektor.

Untuk mendukung akses internet cepat, lanjut dia pihaknya saat ini mengoptimalkan pemasangan fiber optik di sejumlah kawasan Kota Surabaya. Fiber optik saat ini mulai dipasang di kawasan pinggir Kota Surabaya. (Ant/WN)