BERBAGI
Sosialiasi program vokasi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan (Istimewa)

PASURUAN, Warta Nasional – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kantor Cabang Pasuruan, Jawa Timur mengenalkan program vokasi kepada perusahaan kelas platinum yang telah menjadi peserta di kantor cabang setempat.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Arie Fianto Syofian, di Pasuruan, Kamis mengatakan jika pada program vokasi itu pihaknya telah melakukan kerja sama dengan balai latihan kerja (BLK) di Kabupaten Pasuruan.

“Vokasi sendiri diperuntukkan bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yang mengalami PHK karena tenaga kerja habis masa kontraknya dan perusahaan tutup atau karena penyebab lainnya,” katanya di sela gathering dengan perusahaan platinum.

Ia menjelaskan, pihaknya mempersyaratkan beberapa hal bagi yang akan mendapatkan program ini yaitu antara lain adalah tenaga kerja WNI dengan NIK valid.

“Selain itu, minimal kepesertaan satu tahun pada program BPJS Ketenagakerjaan dan sedang mencari kerja dengan usia maksimal 40 tahun,” ujarnya.

Ia mengatakan, program vokasi BPJS ketenagakerjaan Pasuruan yang dilaksanakan dengan kerjasama dengan BLK Kabupaten Pasuruan dibuka dengan tiga kelas ketrampilan yaitu kelas ketrampilan menjahit, ketrampilan bengkel las dan ketrampilan yang berhubungan dengan mesin industri.

“Harapan kami dengan mengikuti program vokasi tersebut para pekerja yang terkena PHK masih mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan maupun mendapatkan ilmu baru sebagai modal dalam mencari kerja kedepannya maupun sebagai modal usaha perorangan,” ujarnya.

Ia mengatakan, program ini penting menurut karena dengan mengikuti program vokasi tentunya bisa menurunkan angka pengangguran khususnya di wilayah Kota maupun Kabupaten Pasuruan.

“Kami menyampaikan rencana pemerintah yang akan merevisi PP-44 tahun 2015 tentang penyelenggaraan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dalam revisi itu BPJS ketenagakerjaan telah mengusulkan peningkatan manfaat yang hampir dua kali lipat dengan tanpa menaikkan iuran peserta maupun perusahaan,” katanya.

Pada kegiatan gathering itu, kata dia, pihaknya mengajak kepada perusahaan platinum yaitu perusahaan yang membayar iuran tepat waktu memiliki jumlah perlindungan tenaga kerja yang besar, untuk rafting di Songa Adventure, Probolinggo.

“Kami juga memberikan doorprize kepada perusahaan platinum atas keaktifan meraka selama ini dalam hal pelaporan, dan juga ketepatan setiap bulannya,” katanya. (Ant/WN)