BERBAGI

PEKANBARU, Warta Nasional – Sebanyak 149 orang telah mendaftar sebagai calon anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada hari pertama pendaftaran, Rabu (27/11), guna ikut menyukseskan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Riau.

“Mereka mengajukan surat pendaftaran di kantor sekretariat Bawaslu kabupaten/kota se-Provinsi Riau,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Provinsi Riau Hasan, M.Si di Pekanbaru, Kamis.

Hasan menjelaskan antusiasme masyarakat yang ingin terlibat menyukseskan Pilkada 2020 sangat tinggi. Terbukti baru hari pertama lowongan Panwascamuntuk sembilan kabupaten/kota dibuka, jumlah yang melamarsudah ratusan.

Ia mengatakan Bawaslu memang melaksanakan kegiatan itu sesuai dengan amanat undang-undang 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), perekrutan Panwaslu Kecamatan. Untuk Pilkada tahun 2020 ini, terdapat sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau yang akan menyelenggarakan pilkada serentak.

Adapun sembilan kabupaten/kota yang ikut menyelenggarakan Pilkada Tahun 2020 serentak ini yaitu Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Selanjutnya sebut dia, penerimaan dan pemeriksaan berkas pendaftaran ini akan berlangsung dari tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019.

“Bagi pendaftar yang lulus administrasi, Bawaslu kabupaten/kota akan mengumumkannya pada tanggal 12 Desember 2019,” ujarnya.

Ia merinci, dari laporan sembilan Bawaslu kabupaten/kota, dari 149 orang yang mendaftar, sebanyak 111 orang pendaftar berjenis kelamin laki-laki, dan 38 orang perempuan.

Kemudian, jumlah pendaftar tertinggi di hari pertama ini, berada di Rokan Hilir sebanyak 30 orang, dengan rincian jenis kelamin laki-laki sebanyak 25 dan perempuan lima orang.

Kemudian disusul oleh Indragiri Hulu dengan jumlah pendaftar 29 orang, yang mana 25 berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Hasan tidak lupa mengajak kepada seluruh masyarakat Riau untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. khusus yang berada di sembilan kabupaten/kota.

“Mari ikut berpartisipasi menjadi panwascam dengan mendatangi kantor Bawaslu di sembilan kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2020,” pungkasnya. (Ant/WN)