BERBAGI
Ist

MENTOK, BABEL, Warta Nasional – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi kepemiluan dan demokrasi kepada para pemilih pemula.

“Sampai saat ini kami baru menggelar di tiga sekolah tingkat menengah atas, namun kami optimistis bisa menyelesaikan sosialisasi sesuai jadwal sebelum pelaksanaan Pilkada 2020,” kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi, di Mentok, Jumat.

Sosialisasi dengan materi kepemiluan, tahapan Pilkada 2020 dan demokrasi kepada para pelajar, tidak hanya diberikan kepada para peserta yang sudah memiliki hak pilih, namun kepada seluruh siswa, guru dan karyawan di sekolah bersangkutan.

Dari tiga kali pertemuan, yaitu di SMK Negeri 1 Mentok, SMA Negeri 1 Jebus, dan SMA Negeri 1 Parittiga, para peserta cukup antusias mengikuti seluruh kegiatan yang disisipi acara tanya jawab.

“Kami berharap para pemilih pemula yang jumlahnya lebih dari 10 persen jumlah keseluruhan pemilih ini memahami demokrasi dan proses pemilu, sehingga mereka ikut berperan aktif dalam menentukan pembangunan di masa mendatang,” katanya lagi.

Jumlah pemilih pemula di Kabupaten Bangka Barat pada Pemilu 2019 lebih dari 5.000 orang, jumlah itu berpengaruh cukup signifikan jika dioptimalkan dalam pemilu mendatang untuk menentukan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih.

Selain pola sosialisasi tatap muka, pihaknya juga merencanakan pola sosialisasi dengan menggelar pentas seni dan berbagai lomba yang dikhususkan untuk mendongkrak peran serta pemilih pemula pada Pilkada 2020.

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya penyelenggara mengajak kalangan pemilih pemula untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.

“Kami berharap mereka paham dan sadar bahwa pemilu penting untuk kemajuan bangsa dan negara, kaum pelajar tidak lagi bersikap apatis terhadap pesta demokrasi,” katanya lagi. (Ant/WN)