BERBAGI
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin(Istimewa)

BANDA ACEH, Warta Nasional – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan dalam upaya menjaga lokasi wisata tetap bersih, indah dan nyaman pihaknya telah membentuk kelompok sadar wisata.

“Pembentukan kelompok sadar wisata di setiap objek wisata ini merupakan salah satu upaya menjaga destinasi wisata tetap bersih sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” kata kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pembentukan kelompok sadar wisata tersebut juga merupakan salah satu upaya menyahuti arahan Presiden Jokowi agar kawasan wisata bebas dari sampah termasuk sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Selain membentuk kelompok sadar wisata, Disbudpar Aceh juga meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di kawasan objek wisata serta mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengkampanyekan destinasi wisata bersih.

Pihaknya juga terus berupaya untuk menyediakan tempat sampah di lokasi wisata dan mengajak komunitas peduli lingkungan untuk membersihkan toilet di destinasi wisata.

“Saat ini program toilet bersih baru ada di Sabang dan ini akan terus dikembangkan sehingga lingkungan bersih akan tercipta di seluruh kawasan destinasi wisata yang ada di provinsi ini,” katanya.

Ia menyakini dengan lingkungan yang bersih akan memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung dan hal tersebut akan menjadi salah satu daya tarik bagi tamu yang datang berkunjung ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu. (Ant/WN)