BERBAGI
Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman (kanan) saat menjadi narasumber (Foto : WN)

SEMARANG, Warta Nasional – Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman mengajak masyarakat Kota Semarang untuk terus menjaga keamanan lingkungannya untuk mempersempit aksi tindak kejahatan.

“Kami akan mendukung berbagai program yang dilakukan pemkot untuk meminimalisasi aksi begal di Kota Semarang,” katanya di Semarang, Rabu (4/12).

Politisi PDI Perjuangan itu, mengungkapkan jika memang harus ada program untuk meminimalisasi begal. Ia akan memberikan support dari sisi anggaran.

Beberapa aksi begal yang terjadi di Kota Semarang belakangan menjadi perhatian Polrestabes Semarang. Pihak kepolisian mengimbau masyarakat Kota Semarang untuk berhati-hati di setiap aktivitas di jalan. Khususnya di saat malam hari.

Adapun titik-titik rawan aksi begal, antara lain di seputaran kota daerah Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr Cipto, daerah Lamper hingga arah Kedungmundu, Jalan Soekarno Hatta, Tembalang, Banyumanik, dan Gunungpati.

Kanit Resmob Polrestabes Semarang, Iptu Afieditya Arif mengungkapkan, untuk sebulan ini saja, sudah terjadi aksi kejahatan begal 10-11 kasus. Untuk itu, kami himbau warga khususnya pemgguna jalan untuk tetap waspada.

Pihaknya menambahkan, jika aksi aksi kejahatan begal juga pernah terjadi di pagi hari. Kasus terakhir, aksi pembegalan terjadi di pagi hari yang memakan korban seorang tukang becak di Jalan Imam Bonjol.

Pembegal itu juga sudah mengarah kepada orang-orang menengah kebawah seperti tukang becak dan gelandangan. Karena ada pembegal yang niatnya bukan memperkaya diri tapi hanya untuk sekedar beli minuman, pil koplo, dan lain-lain, ucapnya.

Karena itu, masyarakat diharapkan tetap meningkatkan kewaspadaan saat berpergian terutama para pengendara sepeda motor.

“Kalau naik motor barang berharga jangan diperlihatkan karena itu menimbulkan niat kejahatan. Misalnya ibu-ibu bawa tas tolong jangan diletakkan di samping. Kalau berboncengan agar safety bisa diletakan di tengah,”pungkasnya. (WN-008)

Editor : Tri Wahyu