BERBAGI
Penjual Sayuran (Istimewa)

AMBON, Warta Nasional – Harga cabai merah merah, yang ditawarkan pedagang di sejumlah pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, saat ini anjlok.

Di Pasar Mardika dan Pasar Gotong Royong, Ambon, Senin, terpantau pedagang mematok harga cabai merah Rp30.000/kg atau turun cukup tajam dari harga beberapa hari sebelumnya Rp80.000 per kg.

Sedangkan, cabai merah keriting panjang juga turun dari harga sebelumnya Rp45.000 menjadi Rp20.000/kg.

“Harga cabai sudah turun cukup jauh sejak dua tiga hari belakangan ini, murah meriah. Tinggal memilih saja jenis dan ukuran cabai merah mana yang diinginkan untuk dibeli dan dibawa pulang ke rumah,” ujar iksan, pedagang di Pasar Mardika.

Menurutnya, penurunan harga sekarang ini akibat stok cukup banyak di pasar. Pasokan dari petani lokal maupun yang didatangkan dari Makassar juga lancar.

“Mudah-mudahan harga sekarang ini bisa terus bertahan guna memenuhi permintaan pembeli hingga menjelang hari Natal nanti, karena sudah pasti kebutuhan pokok akan meningkat dan mengakibatkan perubahan harga naik,” ujarnya.

Sedangkan untuk harga bawang merah maupun putih yang ditawarkan para pedagang di pasar terlihat bervariasi.

Jubaida, pedagang di Pasar Mardika, yang ditemui mengatakan, sekarang ini harga bawang rata-rata Rp36.000/kg baik putih maupun merah.

“Ada juga pedagang yang lain menjual dengan harga Rp36.000/kg untuk bawang merah dan bawang putih Rp34.000/kg,” katanya.

Sedangkan harga bumbu masak yang lain seperti kunyit, lengkuas, dan jahe, hingga kini masih bertahan Rp5.000/ikat kecil. (Ant/WN)