BERBAGI
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, melayani pembeli yang datang ke gerai Yang Ayam miliknya di Jakarta, Sabtu. (Istimewa)

JAKARTA, Warta Nasional – Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengajak generasi muda kreatif dalam mengelola bisnis yang dimilikinya.

Anak muda harus kreatif dalam menjalankan bisnisnya, jangan terpaku pada yang sudah ada, ujar Kaesang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Sejumlah bisnis yang digelutinya, awalnya hanya bisnis yang terlihat biasa, namun dengan kreativitas menjadi sesuatu yang menarik, seperti Sang Pisang yang berasal dari olahan pisang. Saat ini, Sang Pisang telah melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

Sebelumnya pada Sabtu (7/12), Kaesang juga membuka bisnis kuliner terbarunya yakni Yang Ayam.

Kaesang menambahkan masyarakat Indonesia suka dan tidak pernah bosan dengan ayam. Setiap wilayah memiliki menu olahan ayam yang khas.

Usaha kuliner selalu prospektif karena dalam situasi apapun, orang selalu membutuhkan makanan. Selain itu, bisnis ini juga melibatkan banyak orang, pemasok, serta perusahaan pendukung. Manfaatnya terasakan oleh banyak orang, jelas Kaesang lagi.

Yang Ayam menyediakan sambal andalan, Sereh Api dan Bara Api, dengan ragam menu pada kisaran harga Rp12.727 hingga Rp 21.818 yang dapat dinikmati bertemankan Cincau Soda serta Sawadi Cup (dalam bahasa Thai berarti teh susu).

Menurut Kaesang, yang jadi pembeda gerainya adalah penggunaan bumbu marinasi khas Kalasan yang manis, dipadu dengan gurihnya tepung serta sambal bara api dan sereh api.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu sebelumnya memperkenalkan dagangan barunya melalui rangkaian cuitan di akun Twitter-nya sejak Senin (3/12) lalu.

Kaesang menargetkan pada 2020, jumlah gerai Yang Ayam mencapai 100 gerai di wilayah Jabodetabek.

Sebelumnya, Kaesang dengan menggandeng sejumlah pihak merintis Sang Pisang pada 2017. Kemudian Ternakopi yang hadir April 2019, dan telah membuka tak kurang dari 30 gerai se-Jabodetabek.

Bersama kakaknya, Gibran Rakabuming serta juru masak Arnold dan Randy Julius, Kaesang merilis Mangkok Ku. Selain itu, terdapat pula makanan ringan kemasan Kemripik yakni camilan dengan ragam rasa makanan khas Indonesia seperti nasi goreng dan seblak.

Kaesang juga mengembangkan pula bisnis rintisan aplikasi pemesanan makanan Madhang.Id. Kaesang juga mengembangkan HEBAT yang merupakan kepanjangan dari PT Harapan Bangsa Kita, sebuah akselarator yang berfokus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). (Ant/WN)