Ketua Komisi D DPRD Jateng, Ir H Alwin Basri, MM, MIkom, Foto: Istimewa

SEMARANG, Warta Nasional – Komisi D DPRD Jawa Tengah membentuk Panitia Khusus (Pansus) DPRD Jateng perihal Raperda Perhubungan guna penataan serta pengelolaan 24 terminal bus tipe B terintegrasi.

“Salah satu fokus penanganan yang didalami yakni penataan serta pengelolaan 24 terminal bus tipe B supaya lebih terintegrasi,” kata Ketua Komisi D DPRD Alwin Basri kepada wartanasional.com di Semarang, Sabtu (14/12).

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, salah satu terminal yang mendapatkan perhatian serius adalah Terminal Bahurekso di Kabupaten Kendal.

“Kami dari Tim Pansus mengunjungi terminal yang ada di pinggir jalur lingkar utara Kendal itu, pada Selasa (10/12/2019) lalu,” ujarnya.

Lanjut Alwin, sejauh ini terminal tersebut dilalui bus Trans Jateng dan beberapa bus antarkota dengan intensitas yang cukup tinggi. Dari segi keluar masuk bus tergolong cukup ramai terutama untuk trayek Kendal-Semarang atau sebaliknya. Untuk penumpang, didominasi karyawan pabrik yang bekerja di Kota Semarang.

“Dengan kehadiran Bus Trans Jateng Kendal-Semarang sangat membantu mobilitas warga setempat untuk pergi ke Ibu Kota Jateng itu,” imbuhnya.

Kondisi angkutan aglomerasi atau angkutan terinterigasi dengan total 14 armada. Harapannya dapat mengakomodir para penumpang yang merupakan pekerja terlebih lagi area Terminal Bahurekso masuk di daerah area industri yang padat.

“Selain itu, peningkatan segi fasilitas terminal juga perlu ditata dengan sedemikian rupa, mulai dari kebersihan hingga kenyamanan penumpang, terlebih lagi area ini masuk di wilayah industri dan diharapkan adanya penambahan armada juga diperlukan,” pungkasnya. (WN-008)

Editor : Hanifah