BERBAGI
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono (Istimewa)

SURABAYA, Warta Nasional – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengharapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) Surabaya yang digelar pada September 2020 berjalan kondusif dan demokratis.

“Semua berkeinginan yang sama yaitu pesta demokrasi di Kota Surabaya berjalan dengan kondusif dan demokratis dan terjaga ketenteramannya,” kata Adi Sutarwijono yang kerap dipanggil Awi di Surabaya, Rabu.

Ia mengatakan dalam pesta demokrasi di Kota Surabaya itu, semua harus difasilitasi, seperti masyarakat diedukasi agar antusias menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hari pelaksanaan pilkada, dan para calon-calon wali kota Surabaya juga dapat berkontestasi dengan elegan dan baik.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya berharap Partai Politik (Parpol) yang memiliki perwakilan di gedung DPRD Kota Surabaya bisa terus menjalin komunikasi dengan baik selama proses Pilkada Surabaya 2020.

“Pihak keamanan juga kami meminta dapat bertugas dengan baik selama pilkada, agar suasana Kota Surabaya aman dan kondusif,” kata Adi Sutarwijono yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Surabaya Subairi sebelumnya mengatakan pihaknya terus mensosialisasikan tahapan pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 kepada masyarakat.

Saat ini, lanjut dia, KPU Surabaya telah mensosialisasikan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 31 kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 154 kelurahan untuk pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 mulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020.

“Kami terus sosialisasi pendaftaran PPK/PPS/KPPS ke masyarakat. Ini dilakukan agar pendaftarnya banyak dan terpilih yang berkualitas,” ujarnya.

Terkait jadwal pendaftaran, kata dia, KPU Kota Surabaya membagi jadwal pendaftaran menjadi dua gelombang yakni untuk PPK mulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020, sedangkan PPS 15 Februari hingga 14 Maret 2020.

Subairi mengatakan jika selama ini pendaftaran PPK maupun PPS dalam setiap pemilu selalu sepi peminat. Untuk itu, ia berharap dalam rangka penyelenggaraan Pilkada Surabaya 2020 ini tingkat partisipasi masyarakat tinggi. (Ant/WN)