BERBAGI
ilustrasi

CIREBON, Warta Nasional – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan personelnya untuk membantu penanganan bencana alam pada musim hujan di wilayah kerjanya.

“Kami akan terlibat dan melibatkan diri untuk penanganan bencana, yang jelas koordinator itu pemerintah daerah, kami di sini mendukung,” kata Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho di Cirebon, Rabu.

Agung mengatakan ada satu peleton personel Lanal Cirebon terus bergerak untuk membantu penanganan bencana di daerah yang membutuhkan.

Namun ketika dibutuhkan oleh daerah yang terkena bencana alam, maka seluruh personel di Lanal Cirebon mempunyai kewajiban sama dan akan dikerahkan semua.

“Seluruh personel Lanal Cirebon memiliki tugas untuk membantu apabila memang dibutuhkan,” ujarnya. Dia menjelaskan gelar apel pasukan yang dilakukan pada Rabu (8/1) hari ini merupakan internal Lanal Cirebon, karena apabila terjadi bencana semua komando ada di pemerintah daerah, baik kota ataupun kabupaten.

Karena, kata Agung, Lanal Cirebon hanya sebagai pembantu saja sesuai apa yang telah diamanahkan kepada TNI apabila terjadi bencana.

“Kami menginduk kepada pemerintah daerah dan mendukung, karena sifatnya bantuan,” katanya.

Agung menambahkan selain menerjunkan satu peleton personel, pihaknya juga menyiagakan tim selam, apabila memang ketinggian banjir itu mencapai 3 meter lebih. (Ant/WN)