Kampus Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta/Istimewa

SOLO, Warta Nasional – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terus berupaya memperkuat Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk peningkatan program akreditasi.

“UNS melalui Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu (PPSMM) melakukan sosialisasi program dan pendampingan untuk meningkatkan penjaminan mutu unggul melalui program penguatan SPMI ini,” kata Kepala Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS Nunuk Suryani di Solo, Kamis.

Pihaknya berharap program tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga UNS bisa menuju akreditasi unggul.

Terkait hal itu, Koordinator Bidang Akreditasi Nasional Muhammad Rohmadi menjelaskan penguatan dan akselerasi program Akreditasi UNS Unggul ini harus menjadi target bersama seluruh Kepala Program Studi (Kaprodi) S-1, S-2, S-3, dan Sekolah Vokasi.

“Harapannya dengan penguatan tim PPSMM dapat melakukan upaya percepatan untuk mewujudkan penjaminan mutu di UNS menjadi budaya mutu,” ungkapnya.

Untuk mendukung program percepatan tersebut, terangnya Koordinator Bidang Akreditasi Nasional sudah melakukan upaya sosialisasi dan “blusukan” ke Unit Penjaminan Mutu di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

“Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi ke Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi S-3 Ilmu Hukum untuk melakukan pendampingan penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri ( LED ) 9 kriteria untuk Akreditasi Nasional Program Studi oleh BAN-PT,” tambahnya.

Sementara dalam waktu dekat ini PPSMM LPPMP UNS akan meluncurkan sistem informasi mutu yang mendukung para Kaprodi untuk memperoleh data kuantitatif pengisian instrumen LKPS dan juga bahan untuk mendeskripsikan LED, lanjut dia.

Ia berharap ke depannya upaya tersebut dapat mempermudah kinerja para Kaprodi untuk bisa menyusun LKPS dan LED.

“Kami juga akan meluncurkan meluncurkan program Klinik Mutu yang akan didampingi oleh asesor-asesor internal UNS untuk peningkatan dan pencapaian Akreditasi UNS Unggul dengan Instrumen BAN PT 9 kriteria,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, kriteria ini diantaranya visi, misi, tujuan dan sasaran, sumber daya manusia, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (Ant/WN)